Tanaman Indonesia yang Mendunia

Tanaman Indonesia yang Mendunia

Tanaman Indonesia yang Mendunia. Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat subur. Dunia bahkan sudah mengenal Indonesia sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak. Komoditas pertaniannya pun sangat variatif. Jadi, dalam sisi potensi alam, Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Hal yang sangat beruntung dimana potensi alam merupakan sebuah hal yang tidak bisa dibuat, mereka pada prosesnya bergantung pada alam itu sendiri.

Berbagai alasan yang membuat Indonesia mampu mempunyai berbagai jenis tanaman yang sangat variatif. Yang pertama adalah keanekaragaman hayatinya. Hal ini tidak perlu diragukan lagi dimana Indonesia juga terkenal dengan biodiversity-nya. Selain hal tersebut, iklim tropis dan kondisi lahan juga mendukung kenapa Indonesia mempunyai kekayaan alam atau potensi alam yang sangat melimpah

Namun, siapa sangka dengan banyaknya variasi potensi alam yang dimiliki Indonesia, beberapa diantaranya mampu menembus panggung dunia. Suatu informasi yang sangat membanggakan tentunya untuk banyak masyarakat Indonesia. Beberapa hal yang diakui selain keindahan dan keistimewaannya, beberapa tanaman bahkan dibutuhkan bagi beberapa sisi industri lainnya. Berikut disajikan beberapa tanaman Indonesia yang mampu terkenal hingga ke mancanegara.

Temulawak

Tanaman yang pertama adalah tanaman asli dan hanya tumbuh di Indonesia, yaitu Temulawak. Temulawak menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena manfaatnya yang sudah mulai dirasakan di berbagai belahan dunia. Tanaman yang terkenal dengan khasiatnya sebagai anti-oksidan dan mengobati radang itu, bahkan sekarang menjadi fokus pemerintah bersama BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) agar nantinya tanaman ini bisa dijadikan bahan herbal yang berkhasiat.

Cengkeh

Tidak lengkap rasanya ketika menyebutkan tanaman Indonesia yang mendunia tapi tidak menyertakan tanaman yang satu ini. Tanamannya adalah cengkeh. Cengkeh bahkan telah menjadi target utama para penjajah jaman dahulu, karena Cengkeh yang sangat banyak ditemui di pulau kecil Maluku. Di zaman sekarang, Cengkeh telah menjadi tanaman yang terkenal dengan bau harumnya dan berbagai keistimewaannya yang lain.

Sawit

Pada tahun 2011, Indonesia berhasil menguasai pasar sawit dunia, dengan menyentuh hingga angka 47%. Hal yang sangat wajar melihat Indonesia memiliki banyak perkebunan sawit yang dipusatkan di pulau Sumatera. Pulau Sumatera sendiri rata rata memili daerah yang cocok untuk ditumbuhi sawit, yaitu pada suhu optimal 27 derajat celcius dan ketinggan dibawah 400 meter. Dengan harganya yang murah dibandingkan dengan bahan lain, membuat sekarang sawit memiliki tempat tersendiri pada penggemarnya.

BACA JUGA : Tanaman yang Tumbuh di Iklim Tropis

Karet

Dengan gelar sebagai penghasil karet mentah nomor 2 di dunia, tentu karet menjadi komoditas perkebunan utama Indonesia saat ini. Banyak daerah di Kalimantan dan Sumatera yang terkenal dengan produksi karetnya yang berkualitasnya. Keistimewaannya yang sangat banyak, seperti bahan utama pembuatan ban, alat-alat rumah tangga, sampai dengan alat-alat perkantoran, rasanya cukup membuat karet menjadi salah satu tanaman Indonesia yang mendunia.

Biji kopi

Selain Brasil dan Kolombia, Indonesia juga menjadi salah satu Produsen kopi terbesar di dunia. Sudah sangat banyak jenis kopi Indonesia yang diminati dunia. Kopi Gayo, Kopi Toraja, dan Kopi Kintamani, adalah tiga diantara enam belas jenis kopi Indonesia yang telah merasakan pasar kopi dunia. Dengan penggemarnya yang semakin banyak, tentunya membuat potensi Kopi Indonesia masih memungkinkan untuk berkembang lebih jauh.

Di luar tanaman yang disebutkan diatas, masih banyak tanaman Indonesia lain yang mendunia dan memiliki banyak manfaat atau khasiatnya masing-masing. Sekarang menjadi tugas bersama bagaimana tanaman tanaman ini bisa dibangun dan dikembangkan agar nantinya mampu membanggakan nama Indonesia.