Syarat Tumbuh Tanaman Holtikultura

Syarat Tumbuh Tanaman Holtikultura

Syarat Tumbuh Tanaman Holtikultura! Saat ini budidaya tanaman sedang gencar digalakkan. Tahu tidak? Bahkan ada daerah yang mewajibkan seluruh warganya untuk menanam tanaman pangan di rumah masing-masing. Mengapa? Karena selain untuk program penghijauan, ternyata jika kita mengkonsumsi sayuran hasil tanam sendiri itu jauh lebih menyehatkan.

Perlu diketahui sayuran sebenarnya sangat bisa ditanam di pekarangan rumah atau di kebun. Tanaman kebun ini disebut dengan holtikultura. Holtikultura ini berasal dari bahasa latin dan sekilas bisa diartikan sebagai tanaman kebun yang dibudidaya. Apa saja tanaman itu?

Segala jenis tanaman sayur dan buah itu termasuk dalam tanaman holtikultura. Hanya saja terkadang orang lebih mudah menyebutnya dengan sebutan tanaman kebun, ya karena memang ditanam di kebun pribadi dan hasilnya bisa dinikmati sendiri. Kelebihannya menanam tanaman holtikultura bisa menghemat uang untuk beli sayur, dan mengurangi konsumsi sayur yang penuh dengan pupuk kimia sehingga akan jadi lebih sehat.

Dalam proses menanam tanaman ini, ada beberapa syarat yang harus kamu pahami. Sebab jika salah tanam maka bisa mengakibatkan tanamanmu mati. So, penjelasannya bisa kamu simak di bawah ini yaa.

Iklim

Tanaman holtikultura bisa ditanam pada daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Ditambah dengan adanya dua musim, yakni kemarau dan penghujan dan sangat sesuai dengan daerah di Indonesia. Hal ini akan memberikan dampak positif seperti bisa bercocok tanam tiga kali setahun. Dan tentunya hasil yang didapatkan juga semakin banyak.

Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai incaran bangsa lain sebab banyak tanaman yang bisa tumbuh dan bisa dipanen berkali-kali. Keragaman hayatinya juga bisa bernilai ekonomis. Beruntung ya negara kita memiliki iklim yang lengkap.

Suhu

Tanaman holtikultura bisa hidup di daerah dengan suhu sekitar 18-36 derajat celcius. Meski terbilang suhu normal, namun ada juga tanaman yang bisa hidup pada suhu rendah seperti cabe Lolay. Umumnya di daerah kita suhu udara sudah standar jika ingin menanam tanaman kebun. Asalkan jangan sampai salah menanam tanaman yaa, misal di pegunungan yang ditanam ya tanaman yang bisa bertahan di wilayah dingin.

Kelembaban

Kelembaban yang baik biasanya bermula dari suhu dan curah hujan ditambah dengan cahaya matahari yang saling seimbang. Jadi di daerah yang memiliki kelembaban udara cukup biasanya akan lebih mudah untuk menanam tanaman holtikultura.

BACA JUGA : Permasalahan yang Harus Dihadapi Ketika Bercocok Tanam Padi

Namun jika daerahmu berada di kawasan yang cukup dingin, maka coba tanamlah sayuran seperti kubis, kol, woortel, tomat, dan lainnya. Karena jenis tanaman holtikultura itu akan sangat mudah beradaptasi dengan kelembaban ekstra di pegunungan.

Media Tanam

Media tanam terbaik yaitu pada tanah dengan Ph yang benar, yakni berkisar antara 6-7 atau Ph normal. Dengan begiu maka mikroorganisme yang ada di dalam tanah akan sangat mudah berkembang sehingga kondisi tanah akan tetap subur.

Ketinggian Tanah

Setiap tanaman holtikultura memiliki kemampuan hidup pada daerah dengan ketinggian tanah yang berbeda-beda. Misalkan ingin menanam apel, kubis, stroberry, atau yang lainnya maka lokasi yang cocok yakni dengan ketinggian 1000 sampai 1200 mdpl. Berbeda dengan tanaman kedelai, maka lokasi yang ideal adalah dibawah 600 meter dpl. Jadi sebelum menanam alangkah lebih baik jika kamu bisa mengidentifikasi lokasi tanam yang cocok.

Melihat beberapa syarat tersebut, jika kamu benar-benar bisa melaksanakan dengan baik maka dipastikan bisa menghasilkan sayuran yang bagus-bagus. Keberhasilan menanam tanaman holtikultura separuhnya juga dipengaruhi oleh keuletan dalam merawatnya. Sebab hama selalu ada dimana-mana.

Selain itu penting bagi kamu untuk memberi nutrisi tambahan seperti pupuk organik, misalnya kotoran hewan, kompos, dan lain-lain. Sebab dengan menjaga tanaman holtikultura dari segi pupuknya bisa juga menghindarkan kita dari penyakit yang timbul akibat penggunaan pupuk pestisida.

Itu adalah penjelasan lengkap tentang tanaman holtikultura. Selamat mencoba untuk menanamnya. Semoga berhasil.