Jenis Tanaman Berakar Serabut yang Ada di Lingkungan Sekitar

Jenis Tanaman Berakar Serabut
Jenis Tanaman Berakar Serabut yang Ada di Lingkungan Sekitar!
Tanaman memiliki dua jenis golongan akar, akar tunggal dan akar serabut. Akar serabut adalah akar yang bercabang cabang seperti benang kusut tetapi lebih rapi, akar serabut juga sangat panjang dan dapat menyamai tinggi pohon itu sendiri.

Akar serabut bisa dideskripsikan seperti cangkang kelapa yang berbentuk serabut-serabut, ukurannya pun relatif lebih kecil serta hanya terdapat pada tumbuhan monokotil atau biasa disebut tanaman berkeping satu. Cabang akarnya memang tidak langsung menjadi besar, akan tetapi dari akar-akar tersebut akan tumbuh akar lainnya.

Ada beberapa jenis tanaman berakar serabut yang harus kamu ketahui, dari berbagai jenis tanaman yang memiliki akar serabut. Tanaman akar serabut sering kalian jumpai di sekitar, berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa dikategorikan sebagai tanaman akar serabut.

Pohon Pisang

Pohon pisang sering sekali kalian jumpai dan dapat hidup dimanapun, asalkan tumbuhan ini berada di daerah tanah yang sedikit lembab dan tersinari oleh matahari tetapi juga tidak digenangi air. Daun pisang sangat lebar dan panjang serta dapat dimanfaatkan untuk membuat paisan makanan, akar dari pohon pisang adalah serabut dan memiliki pertumbuhan akar yang bergerak ke arah samping pohon hingga 4-5 meter.

Rumput

Rumput merupakan jenis tanaman berakar serabut yang memiliki daun berbentuk seperti pedang, memanjang dan menyempit. Namun, jika rumput yang tumbuh di lahan pertanian maka rumput tersebut bersifat mengganggu, tetapi jika tumbuhan yang sering digunakan di halaman rumah biasanya tidak mengganggu.

Pepaya

Pohon pepaya termasuk ke dalam tanaman yang memiliki akar serabut, pohon pepaya memiliki batang yang di dalamnya berongga. Buah pepaya dapat kamu gunakan sebagai makanan diet, selain itu juga buah pepaya yang belum matang dapat kamu olah sebagai sayuran atau manisan.

BACA JUGA : Keunikan Tanaman Lidah Buaya

Pinang

Pohon pinang merupakan jenis tanaman berakar serabut, batang pohon pinang memiliki diameter sekitar 15 cm dan tingginya diperkirakan dapat tumbuh hingga 30 meter. Pohon pinang memiliki masa hidup yang terbilang panjang, masa hidupnya dapat mencapai 20 tahun. Buah dari pohon pinang berukuran 5 cm dan berbiji tunggal, buah pinang yang matang akan berwarna orange.

Bawang

Bawang adalah salah satu jenis bumbu masak yang sering sekali digunakan terutama bawang merah, bawang merah merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput. Batang dari bawang merah pendek sekali bahkan hampir tidak terlihat, bawang juga dapat memperbanyak diri menggunakan umbi lapis.

Pohon Kelapa

Pohon kelapa juga menjadi jenis tanaman berakar serabut, pohon ini adalah pohon yang paling kuat. Saking kuatnya pohon kelapa yang tingginya hingga 30 meter, tetapi tetap dapat berdiri tegak walaupun diterjang angin dan badai. Akar dari pohon kelapa sangat tebal dan kuat seperti tali,

Pandan

Tumbuhan pandan merupakan tumbuhan yang sangat subur di daerah lembab, pandan memiliki aroma yang wangi. Bentuk daun memanjang dan memiliki tulang daun tengah, ada duri yang terdapat sangat kecil di tepi kiti daun. Daun pandan biasa digunakan untuk memasak, serta juga dapat digunakan ketika memasak nasi.

Semangka

Semangka merupakan jenis tanaman berakar serabut, semangka adalah tanaman yang merambat dan buah yang sangat besar serta manis. Semangka memiliki jangkauan rambatan mencapai belasan meter, sehingga dapat menghasilkan banyak buah semangka. Dalam menanam semangka, petani semangka harus menyesuaikan suhu semangka agar buah yang dihasilkan menjadi sangat manis dan berair dengan secukupnya.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis tanaman berakar serabut, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih atas perhatiannya.