Cara Mudah Bertanam Sayur Di Rumah Tanpa Ribet

Cara Mudah Bertanam Sayur Tanpa Ribet

Cara Mudah Bertanam Sayur Di Rumah Tanpa Ribet. Kebutuhan pokok yang selalu mengalami kenaikan harga membuat sebagian besar orang pusing memikirkannya. Terlebih pada hari-hari tertentu seperti hari besar nasional dan keagamaan, harga bahan pokok selalu memiliki harga yang tak wajar. Tidak hanya harga lauk dan rempah-rempah saja tetapi harga sayur turut mengalami peningkatan.

Permasalahan finansial ini akhirnya mendasari banyak orang untuk mulai melalukan penanaman sayur di rumahnya masing-masing dengan mengandalkan alat dan bahan seadanya. Selain menghemat pengeluaran untuk belanja bahan pokok rumah tangga, menanam sayur sendiri di rumah tentunya lebih menyehatkan karena terjamin bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit yang tak diinginkan, ternyata bertanam sayur di rumah ini juga dapat membuat keluarga lebih erat. Anda dapat mengajarkan cocok tanam pada anak-anak selagi menghabiskan waktu luang. Kemudian anak-anak anda tertarik karena sambil mempelajari seluk beluk tanaman yang belum tentu diajarkan di lingkungan sekolah.

Nah, apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Tidak perlu ribet dalam pengelolaannya karena Anda dapat memanfaatkan segala barang yang ada di rumah Anda. Untuk Anda yang penasaran dengan langkah-langkahnya simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Menanam Sayur Di Rumah

 Pilih Jenis Sayuran yang Anda Inginkan

Sebelum bertanam sayur di rumah , pastikan Anda memiliki pekarangan yang cukup untuk ditanami sayuran. Kemudian, putuskan Anda ingin menanam satu atau beberapa jenis sayuran dalam satu pekarangan. Ada baiknya Anda menanam banyak sayuran agar lebih bervariasi dan sedap dipandang. Bahkan Anda tak perlu menyediakan lahan yang luas.

Jika Anda tak memiliki pekarangan yang luas Anda cukup menanamnya di dalam pot kecil saja. Lalu pilih jenis sayuran apa yang ingin Anda tanam. Kemudian carilah bibit sayur tersebut di tempat yang menyediakannya. Selalu pilih bibit terbaik untuk menghasilkan sayuran dengan kualitas yang tak kalah dengan sayuran yang dijual di toko besar.

Pemupukan

Setelah memiliki bibit sayur, untuk bertanam sayur di rumah Anda perlu mencari pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman Anda. Ada beberapa jenis pupuk yang dapat Anda manfaatkan seperti pupuk kompos maupun pupuk buatan pabrik. Beri pupuk secara rutin pada tanaman Anda untuk menghasilkan hasil yang baik. Selain pemupukan lakukan penyiraman dengan teratur serta tak berlebihan.

BACA JUGA : Tanaman Indonesia Yang Mendunia

Tempatkan di Lokasi yang Terkena Cahaya Matahari

Cahaya matahari amat bagus jika Anda ingin menanam sayuran. Tanaman yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup akan menghasilkan tumbuh kembang yang baik pula. Jangan menempatkan tanaman sayur Anda di tempat gelap yang meminimalisir terjadinya sinar matahari secara langsung.

Singkirkan Tumbuhan Parasit

Setiap tumbuhan akan ditempeli tanaman benalu yang akan menghambat pertumbuhannya. Dalam bertanam sayur di rumah Anda perlu memeriksa tanaman sayur Anda secara berkala untuk menghindari terjadinya hal tersebut. Selain benalu, beberapa serangga kerap hinggap dan merusak daun-daun. Hal ini terjadi apabila Anda merasa daun sayuran Anda bentuknya berlubang-lubang.

Dengan langkah-langkah tersebut Anda akan dapat menikmati hasil panen sayuran yang berkualitas serta menghemat pengeluaran Anda. Hal tersebut merupakan cara efektif untuk dilakukan bersama keluarga Anda. Bahkan Anda juga dapat membuat usaha kecil-kecilan dari sayuran yang berhasil Anda tanam tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara bertanam sayur di rumah yang dapat Anda jadikan referensi bacaan. Selamat mencoba!