7 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7 jenis tanaman obat meningkatkan kebebalan tubuh
7 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Jauh Sebelum berkembangnya tenaga medis, ternyata masyarakat Indonesia sering menggunakan tanaman-tanaman tradisional untuk obat. Meskipun saat ini, banyak menggunakan tenaga medis yang modern, tidak jarang masyarkat memilih obat tradisional dari tanaman. Bahkan bahan utama resep dari dokter banyak berasal dari tanaman tradisional.

Mayoritas masyarakat di pedesaan, masih memanfaatkan tanaman obat tradisional sebagai pencegah penyakit dan peningkat kekebalan tubuh. Sekarang ini, tanaman obat tradisional mulai dilupakan, oleh sebab itu perlu dilestarikan bahkan dibudidayakan. Kita juga harus mengenal berbagai jenis tanaman obat yang berada di Indonesia. Berikut ini beberapa tanaman obat yang perlu  kita ketahui.

Kencur

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mudah tumbuh di berbagai tempat, bahkan tanaman ini juga cocok ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki banyak khasiat, misalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, untuk menambah nafsu makan, menambah stamina, mengatasi masuk angina, sakit kepala, diare dan berbagai penyakit kesehatan lainya.

Jahe

Jahe merupakan tanaman tradisional yang popular dari dulu hingga sekarang. Bahkan sangking populernya, hampir setiap warung kopi menyediakan jahe. Hal itu bukan tanpa alasan. Karena jahe dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi segala macam gangguan pencernaan. Misalkan, muntah-mual, sering pusing, nyeri dan lain sebagainya. Meskipun jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan, jika dikonsumasi berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan iritasi pada mulut.

BACA JUGA : Keunikan Bunga Edelweiss yang Jarang Diketahui Orang

Kunyit

Jenis tanaman obat ini, selain digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata juga digunakan untuk bumbu memasak di dapur, bahkan bahan kecantikan berasal dari tanaman ini. Manfaat kunyit ini tidak lepas dari kandungan senyawa kurkumin di dalamnya. Meskipun kunyit memiliki segudang manfaat kesehatan, penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping, yaitu maag dan penyakit lambung lainya.

Lengkuas(Laos)

Lengkuas atau sering disebut laos banyak ditemukan di pasar tradisonal. Peminatnya yang banyak membuat para petani gencar menanam lengkuas di sawahnya. Tanaman ini sangat diburu karena memiliki banyak khasiat yang mujarab, misalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh,  mengurangi rasa nyeri, meningkatkan vitalitas pria, dan melawan kanker. Selain itu, rempah ini juga mengandung banyak vitamin seperti Zat Besi, Vitamin A, Vitamiun B dan karbihidrat.

Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat yang digunakan untuk menambah nafsu makan. Jenis rempah yang sekilas mirip kunyit ini banyak ditemui di toko jamu. Kasiat dari temulawak sudah terbukti ampuh dalam menangangi ganggguan pencernaan. Namun, juga terdapat efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

Jeruk Nipis

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi khasiat dari jeruk nipis. Tanaman ini merupakan jenis rempah utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat lain dari jeruk nipis antara lain; mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan kulit. Sebenarnya jeruk nipis ini steril untuk dikonsumsi, karena airnya sangat asam, maka dapat menyebabkan perih  jika mengenai luka.

Daun Sirih

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah daun sirih, Perlu kalian ketahui ternyata daun sirih ini dapat membantu membekukan darah saat terjadi luka. Selain dikenal mengandung beberapa vitamin dan zat kimia pengobatan, rempah ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol pada tubuh. Jadi kalian tidak perlu ragu atau khawatir untuk menggunakan tumbuhan obat di atas.